CARA MEMBUAT AIR COOLER SEDERHANA

03.38 pulpen cinta 0 Comments

Kali ini Penulis akan berbagi cara membuat Air Cooler sederhana yang bisa Anda praktekkan dirumah. Daripada Anda harus merogoh kocek dalam dalam untuk membeli Air Cooler dari produsen pabrikan Air Cooler. Anda bisa membuat Air Cooler ini dirumah secara sederhana. Penasaran dengan bagaimana caranya? Simak artikel berikut.
A.    Alat-Alat dan Bahan Yang Digunakan
Alat paling utama yang digunakan adalah kipas angin, sebagai menghembus angin dalam ruangan. Selain itu juga dibutuhkan pipa tembaga panjang, selang, pompa air jenis aerator, kabel ties dan coolbox atau wadah tertutup lainnya. Untuk lebih jelasnya, inilah bahan-bahan dan alat yang dibutuhkan:
1.    Kipas Angin

Bisa kipas angin apa saja, baik yang bulat atau yang berbentuk kotak.
2.    Selang plastik kecil 

ukuran 3/16  dengan panjang sekitar 10 meter.
3.    Selang tembaga 

atau pipa tembaga, kira-kira sepanjang 4 meter (lebih panjang lebih bagus) dengan ukuran 3/16  atau yang biasa dipakai di dalam AC outdoor.
4.    Pompa air 

underwater pump / aerator, yang biasa dipakai untuk aquarium ukuran kecil atau sekitar 13 watt – 25 watt.
5.    Kabel ties 

ukuran sedang (1 pack).
6.    Coolbox 

Ini nanti berguna untuk menjadi wadah air dingin.
7.    Es batu 

Bisa berupa bongkahan-bongkahan  atau es batu dalam kantung-kantung plastik.
Itulah tujuh alat dan bahan-bahan paling utama dari pendingin ruangan ini. Langkah berikutnya, mari kita rakit alat dan bahan-bahan tersebut menjadi sebuah alat pendingin ruangan yang sehat.
B.    Cara Perakitan Pendingin Udara
Setelah bahan dan alat terkumpul, maka alat pendingin ruangan siap untuk dirakit. Langkah selanjutnya ini adalah cara perakitan pendingin ruangan yang sehat. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1.    Buat gulungan spiral dengan pipa tembaga
Langkah pertama dalam perakitan pembuatan pendingin udara adalah, buat gulungan berbentuk spiral dengan pipa tembaga, persis seperti ulir pada obat nyamuk.Sesuaikan besaran gulungan tembaga dengan luas lingkaran dari sangkar kipas.
Agar gulungan pipa tadi bisa menempel pada sangkar kipas, gunakan kabel ties. (Lihat gambar disamping).Jangan buat jarak antar spiral terlalu rapat karena akan membuat hembusan angin sangat minim. Buatlah ulir spiral dengan jarak sekitar 0,5 cm atau sesuai kebutuhan.
2.    Sambung selang tembaga dengan selang plastik
Kemudian sambunglah kedua ujung pipa tembaga dengan selang plastik dengan cara memasukkan selang plastik pada kedua ujung pipa tembaga. Agar sambungan selang dan pipa tidak mudah lepas, gunakan klem baut atau bisa juga degean kabel ties. (Lihat gambar diatas).
3.    Sambung ujung selang plastik dengan underwater pump
Setelah kedua ujung pipa tembaga tersambung selang, salah satu ujung selang di hubungkan dengan underwater pump pada bagian outletnya.
Ujung selang yang lainnya diamkan saja, ia akan berfungsi sebagai selang keluaran air yang di pompa dari underwater pump ke dalam selang dan pipa.
4.    Siapkan collbox
Cool-box yang berguna untuk penampungan sirkulasi air dingin
Siapkan bak coll-box, isi dalamnya dengan bongkahan-bongkahan es batu.
Kemudian tambahkan air hingga setengahnya atau agak lebih. Tunggu beberapa lama hingga airnya menjadi dingin.
Maka, Cool-box yang berguna untuk penampungan sirkulasi air dingin, kini sudah siap.
5.    Finishing pembuatan Air Cooler sederhana
Untuk pengetesan, letakkan kipas angin dekat dengan wadah penampungan sirkulasi air. Masukkan kedua ujung selang plastik berikut underwater pump ke dalam wadah coll-box yang dalamnya sudah terdapat air dingin.
Itu tadi artikel tentang bagaimana cara membuat Air Cooler sendiri dirumah dengan cara yang sederhana. Semoga bisa membantu Anda dalam membuat Air Cooler sederhana Anda dirumah.

You Might Also Like

0 komentar: